Pagi-pagi, seperti biasa sewaktu saya scroll handphone dan melihat feed media online, ada hal tidak mengenakkan yang saya lihat. Ada orang jualan dengan cara spamming, yaitu dengan cara spam posting komentar di feed orang lain, saya duga pasti tanpa seijin yg punya akun tersebut.
Anggapan pertama saya adalah, Tidak Sopan.
Jadi ceritanya begini, ada yang sedang posting di feed akunnya sendiri tentang sekolah tahfizh Al Quran eh si dia ini (spammer) muncul di kolom komentar posting produk jasa jualannya tanpa babibu.
Ada lagi yg posting tentang keluarga, eh si oknum spammer ini muncul lagi jualan di kolom komentarnya. Pasti tanpa ijin. Pemilik akun pasti agak kecewa, tidak respek dengan cara spamming seperti itu.
Bayangkan, itu seperti ketika Anda yang punya rumah sedang di halaman lagi bersama kolega atau teman-teman saling canda tawa, tiba-tiba ada orang yang masang lapak di halaman rumah Anda. Coba kita menilai, sopan atau tidak? Mangkel kan? Pasti bosss…
Pentingnya Bisnis Jangka Panjang Meski Online
Menurut saya cara semacam dan yang mirip-mirip dengan itu tidak akan bagus untuk brand bisnis dalam jangka panjang mungkin dekat juga sih, karena saya biasanya langsung block orang yang seperti itu, meski layanan atau produknya bagus.
Alasan utamanya, Meski di media sosial yang online semua orang bisa komentar dan lain sebagainya, individu sebagai manusia tetap butuh privacy.
Ketika kamu memutuskan untuk masuk ke dunia usaha, baik itu usaha online maupun offline, kamu harus mengetahui etika bisnis. Etika dalam berbisnis harus diperhatikan karena kamu akan sering berkomunikasi dengan banyak orang.
Bisnis Online Butuh Trust
Seperti saat memulai usaha online, kamu tidak akan melihat secara langsung konsumen yang akan membeli produkmu. Etika sangatlah penting dalam upaya untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen.
Karena sikap yang tidak beretika itu tadi banyak transaksi yang gagal, karena konsumen tidak percaya kepada penjual, apalagi dengan sikap yang tidak sopan itu tadi. Oleh sebab itu, etika seorang pebisnis harus sangat diperhatikan. Kita harus bisa membuat konsumen percaya dan puas atas pelayanan yang kita berikan.
Untuk itu, kamu yang baru ingin memulai usaha online atau sudah jualan online sejak lama harus belajar dan lebih memperhatikan etika saat berkomunikasi dengan konsumen agar produk usahamu dicintai karena rasa puas yang mereka terima.
Hindari Ketidaknyamanan
Hindari melakukan iklan dengan cara yg tidak sepatutnya, misal melakukan scrap data nomor whatsapp kemudian mengirimi dengan pesan iklan kita. Termasuk juga jualan di feed kolom komentar orang lain. Atau spam grup whatsapp dengan pesan iklan produk atau jasa kita.
Ada kejadian dalam sebuah grup whatsapp yang ramai, ketika itu ada perbincangan sesama anggota grup eh si penjual ini memotong dengan beriklan produknya dan itu sering dilakukan gak hanya sekali atau dua kali, tahu akibatnya? dagangannya tetep ndak laku di grup tersebut gaesss, dan jadi perbincangan anggota grup wa, bukan karena produknya tapi cara ngiklan yang tidak sopan itu tadi membuat orang tidak nyaman. Rugi kan?!
“Kepercayaan itu dibangun, bukan serta merta ada dan muncul.”
Whydn.id
5 Kiat untuk Jualan Online
Berikut ini tipsnya untuk Jualan Online
- Selalu Bersikap Ramah dan Sopan Kepada Pembeli
- Membalas Semua Pertanyaan Pembeli
- Tidak Melakukan Spamming atau Ngiklan tanpa Ijin di Lapak Orang Lain
- Menyapa Dengan Panggilan Sopan dan Baik
- Tidak Menyalahgunakan Data Pembeli (Alamat, Nomor WA, Email, dll.)
Dan mungkin Anda bisa menambahkan sesuai pengalaman yang telah terjadi.
Biasanya kalau layanan yang kita berikan baik, pelanggan akan datang lagi dan secara sukarela merekomendasikan kepada relasinya. Semoga bermanfaat, selamat Mencoba.