Apa Pengaruh Ramadan untuk Bisnis Online?

Dani

Apa Pengaruh Ramadan untuk Bisnis Online

Ads - After Post Image

Pengaruh Ramadan untuk Bisnis Online – Berdasarkan data dari CNBC Indonesia, nilai transaksi belanja online di Indonesia pada bulan Ramadan 2023 mencapai Rp 230 triliun. Angka tersebut meningkat sebesar 10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kenapa Bisnis Online Punya Peluang Besar di Bulan Ramadan Tahun 2024?

Peningkatan Pengguna Internet di Indonesia

Berdasarkan Survey Asosiasi Penetrasi Internet 2023, diperkirakan 80% masyarakat Indonesia sudah menggunakan internet di tahun 2024. Jadi semakin banyak orang yang memiliki akses ke internet untuk belanja online.

Peningkatan jumlah pengguna smartphone di Indonesia

Menurut Omnichannel Digital Consumption Report 2023 dari Populix, 75% masyarakat Indonesia adalah pengguna smartphone. Artinya semakin banyak juga orang yang bisa dengan mudah untuk berbelanja online melalui smartphone mereka.

Peningkatan Kesadaran Masyarakat Indonesia Mudahnya Berbelanja Online

Dengan meningkatnya pengguna internet & smartphone di Indonesia, terjadi peningkatan transaksi belanja online selama tahun 2023. Berdasarkan data We Are Social: Digital 2023, 62.6% masyarakat Indonesia memilih untuk membeli produk secara online, meningkat 3.3% dari tahun 2022.

Kilas balik Bisnis Online 2023

Tren produk

Produk Makanan dan minuman 43%

Fashion dan kecantikan 27%

Produk kesehatan 24%

Perawatan kecantikan 20%

Kebutuhan rumah tangga 16%

Elektronik 13%

Kebiasaan Belanja Selama Bulan Ramadan 2023

Platform belanja:

Website dan aplikasi 94%

Search engine 89% 

Social media 88%

Video online 81%

Iklan digital 61%

Pencarian maps 57%

Waktu Belanja:

18.00 – 24.00 33%

03.00 – 06.00 14%

09.00 – 11.00 9%

12.30 – 15.00 21%

16.00 – 18.00 23%

Tips Meningkatkan Penjualan Selama Bulan Ramadan 2024

1. Optimalkan Channel Digital

Social Media

88% masyarakat Indonesia menentukan pilihan untuk membeli produk secara online melalui platform social media. Buat konten yang relevan dengan Ramadan bisa menarik perhatian audience dan meningkatkan brand awareness

*Data dari Think with Google Honoring Ramadan 2023: Consumer behavior shifts in Indonesia

Influencer Marketing

Influencer bisa membantu bisnis menjangkau customer baru dan meningkatkan penjualan. Buat kolaborasi dengan influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar bisnis.

Digital Ads

Maksimalkan iklan untuk menjangkau customer yang lebih luas dengan bisnis online kamu.

2. Buat Promosi Yang Menarik

Promosi yang disukai masyarakat Indonesia

54,9% Gratis Ongkir

52,3% Kupon Diskon 

17,5% Poin Loyalty

14,8% Produk Eksklusif

3. Optimalkan Toko Online

97.75% User menggunakan fitur Order Form untuk memaksimalkan proses transaksi customer jadi lebih mudah.

Warna button yang digunakan user

41.50% Orange

33.43% Hijau

18.98% Merah

33.43% Biru

4. Optimasi produk

Fokus pada hasil evaluasi produk untuk bisa mempersiapkan produk yang sesuai dengan kebutuhan customer selama bulan Ramadan. 

Kalau kamu baru memulai bisnis dengan menjadi Reseller atau Dropshipper, mulai dengan produk-produk yang populer selama Ramadan untuk meningkatkan penjualan.***

Sumber : OrderOnline

Bagikan:

Ads - After Post Image

Dani

Leave a Comment

Ads - Before Footer